Keinginan adalah kunci motivasi, tapi tekad dan komitmen itu pengejaran tanpa henti untuk sebuah tujuan yaitu komitmen menuju keunggulan yang akan memungkinkan Anda untuk mencapai keberhasilan yang Anda cari.

Translate

Jumat, 21 Januari 2011

Praktikum I - Pemrograman Bahasa Rakitan

Nama          : Esti Yuliana
NIM             : SIR200938
Mata kuliah : Pemrograman Bahasa Rakitan
Dosen         : Nahar Mardiyantoro, S. Kom

Pengenalan Assembly dan Run Program

1. Siapkan file asm yang berisi file. :






2.      Ketik di notepad lalu simpan dengan nama tes.asm

.model small
.code
org 100h
mulai :

      mov ah, 02
      mov dl, 'A'
      int 21h
      int 20h

end mulai

3.      Start > Accecories > Command Prompt










C: \ asm1>tlink tes.obj akan menghasilkan tes.exe
C: \ asm1>tlink/t  tes.obj akan menghasilkan tes.com
File-file yang dihasilkan setelah dicompile :













Keterangan :


  • .model small adalah program yang kita buat membutuhkan memory yang kecil
  • .code adalah pasangan org100h artinya memberitahukan kepada computer bahwa kita menggunakan kode segmen sebesar 100h/sebesar 256)
  • org 100h
  • mulai : adalah label awal
  • mov ah, 02 adalah pasangan int 20h (arti : pindahkan nilai 02 ke register AH, mov adalah opcode / mnemonic dan ah,02 adalah parameter)
  • mov dl, 'A' artinya cetaklah karakter “A”
  • int 21h artinya mengerjakan perintah DOS untuk menampilkan ke layar
  • int 20h artinya stop
  • end mulai artinya label akhir

 Teteret... Tet...
semoga membantu.. jam menunjukkan 3: 25 pagi... pagi yang sungguh dingin 

Baca Selanjutnya »

Sabtu, 13 November 2010

Program Tiket Pesawat Terbang menggunakan VB 6.0


MEMBUAT PROGRAM TIKET PENERBANGAN DENGAN VB.6





















1.      Memasukkan data ke dalam combocode untuk kode penerbangan

Private Sub Form_Activate()

combocode.Text = ""
combocode.SetFocus
combocode.AddItem "GA219DC9"
combocode.AddItem "GA430DC9"
combocode.AddItem "GA660AB3"
combocode.AddItem "GA898747"
combocode.AddItem "GA958D10"

End Sub

2.      Memasukkan data secara otomatis ke dalam flight type (tflight.text) dan bonus (tbonus.text) ketika combocode selesai diklik

Private Sub combocode_Click()

KODE = combocode.Text

X = Right(KODE, 3)
If X = "DC9" Then
tflight = "DC 9"
ElseIf X = "AB3" Then
tflight = "AIRBUS-3"
ElseIf X = "747" Then
tflight = "BOEING-747"
ElseIf X = "D10" Then
tflight = "DC-10"
End If

Y = Left(KODE, 5)
If Y = "GA219" Then
tbonus.Text = "LUNCH"
ElseIf Y = "GA430" Then
tbonus.Text = "BREAKFAST"
ElseIf Y = "GA660" Then
tbonus.Text = "DINNERS"
ElseIf Y = "GA898" Then
tbonus.Text = "SNACK"
ElseIf Y = "GA958" Then
tbonus.Text = "BREAKFAST"

End If

'agar cursor ada di harga tiket setelah combobox diklik
ttiket.SetFocus

End Sub

3.      Agar harga tiket hanya bisa diisi oleh numeric dan bisa dihapus dengan backspace

Private Sub ttiket_KeyPress(KeyAscii As Integer, Shift As Integer)

If Not IsNumeric(Chr(KeyAscii)) And KeyAscii <> 8 Then
KeyAscii = 0
End If

End Sub

4.      Penghitungan total bayar (cmdhitung)

Private Sub CMDHITUNG_Click()

Dim HARGA As String
Dim total As Long
Dim PAJAK As String
HARGA = ttiket.Text

If HARGA < 100000 Then
tpajak.Text = "10%"
ElseIf HARGA >= 100000 And HARGA <= 500000 Then
tpajak.Text = "12%"
ElseIf HARGA > 500000 And HARGA < 1000000 Then
tpajak.Text = "14%"
ElseIf HARGA >= 1000000 Then
tpajak.Text = "15%"
End If

total = HARGA + (HARGA * (Val(Left(tpajak.Text, 2))) / 100)
ttotal.Text = total

End Sub

5.      Menambahkan message box apabila ada data yang belum diisi
Garis tebal adalah perintah untuk message box, berikut cmdhitung setelah divariasi :

Private Sub CMDHITUNG_Click()

'1 untuk message box "ada data yang belum terisi!"
On Error GoTo salah
Call balik      

'untuk message box apabila belum mengisi kode penerbangan
If combocode.Text = "" Then
MsgBox "Ada data yang belum terisi!" And tpajak.Text = ""
ElseIf combocode.Text = "" Then
ttiket.Text = ""
ElseIf combocode.Text = "" Then
tpajak.Text = ""
ElseIf combocode.Text = "" Then
ttotal.Text = ""
End If

…. CODING UNTUK PENGHITUNGAN TOTAL (CODING DIATAS)….


'lanjutan 1 message box apabila ada data yang belum terisi
combocode.SetFocus
Exit Sub
salah:
MsgBox "Ada data yang belum terisi!"
End Sub

Sub balik()
'lanjutan 1 message box apabila ada data yang belum terisi
combocode.SetFocus
End Sub




6.      Mengosongkan data (cmdlagi)

Private Sub CMDLAGI_Click()

combocode.Text = ""
tflight.Text = ""
ttiket.Text = ""
tbonus.Text = ""
tpajak.Text = ""
ttotal.Text = ""

End Sub

7.      Keluar dari program (cmdselesai)

Private Sub CMDSELESAI_Click()
Unload Me
End Sub


Moga bermanfaat ya... E-mail me or add my fb jika punya pertanyaan.  ^_^ by tama beruang kutub
­
Baca Selanjutnya »

Kode Ascii

Baca Selanjutnya »

Bahasa Inggris II


HULA - HULA

HALLO FRIENDS
English Task’s Group
Member:
Esti Yuliana SIR200938
Meyra Sofiana SIR200819
Erna Lutiningsih SIR200840
K. Suwardiman Budi P. SIR200711
Candra Pebri Lesmana SIR200811


TECHNOLOGY FOR OUR LIVES



Technology is the usage and knowledge of tools, techniques, crafts, systems or methods of organization. Technology nowadays constantly seems to seep its way into our daily routines. Everything we do is somehow connected with technology, whether it for working or studying and helping our life. Without technology, life would be more difficult than it already is, knowledge would be limited and more difficult to achieve. The task of technology is to create a better and easier living for ourselves and for the world.
Now I will take some example of technology today, such as Personal digital assistant (PDA) that lightweight, a hand-held computer designed for use as a personal organizer with communications capabilities; also called a handheld, Electric Cars With Plug In Technology, Laser (Light Amplification Stimulated Emission Of Radiation) Is a Mechanism of emitting of light within Electromagnetic Wave radiation based process of stimulated emission, hand phone, mp3 players and so on.
Looking back in time, we realize how much our lives have changed due to the fruits of technology. It has provided us with freedom and less consumption of time and resources. A nation's economic growth can be measured according to the level of technology. This is because a number of factors are responsible for affecting an individual's life style. The most important factor for deciding the working of a particular technology is the presence of competition. Technology has affected society and its surroundings in a number of ways. In many societies, technology has helped develop more advanced economies (including today's global economy) and has allowed the rise of a leisure class.
With the advent of technology, people are building bridges to decrease the distances in their mind. One basic drawback that has taken place is that people are becoming lethargic due to high trends in technology. It is shortening our ability to pay attention. Robotics, automation and computerization are on the go for changing our lives. Implementation of robotics will give higher efficiency and cheaper labor, thereby increasing unemployment rate.
Technology is so integrated with our lives today. Various influences, both positive and negative, of technology already we feel together.

POSITIVE:
The positive effect is that it accelerates what one person can do. With tech you can make one person do much job in same time and do things quickly and better. With tech, you can protect yourself by encrypting all your transmissions, however it makes it that much easier for someone to protect truly harmful transmissions like child porn or criminal activity. Overall, and in a modern sense, tech decentralizes the power and control over the media and distributes it to regular people creating a more democratic society. In the same way, it destabilizes society by challenging the authority of institutions within that society who need to centralize power to maintain that control that does provide stability. However, the emergence of tech will show that old institutions are no longer needed or have to modify.
NEGATIVE
The reality is that today’s society is so dependent on technology. for example almost every family has a television, there are even families who have more than one television. In addition, almost everyone has a mobile phone that can be used to access the internet and open facebook or twitter. as a result, people spent much time in front of the television and browse the internet for updating status on facebook and twitter, or play games on line through mobile phone, laptop. Without parent’s guide the children can be access the porn sites or bad ones that very unsuitable for them because they can not filter whether is true and false exactly.
In our opinion, now the community is very spoiled with technology and highly dependent on technology. For example to calculate ( sum, subtraction, division) we rarely use our brainpower, but rather use the calculator to solve them.
In other hand technology sometimes makes bigger unemployment because the job that was taken by 100 people now can do by a machine just a click. Unemployment is a serious problem for government because sometimes increase the criminal because they can’t have enough money for fill up the life budget.
Now the other side of technology is not so green. It is because of improvised technology only that we have seen nuclear and atomic wars. Many technological processes produce unwanted by-products, known as pollution, and deplete natural resources, to the detriment of the Earth and its environment.
Hence, one must know how to balance between manpower and automation. In the world of automation, cars have created freedom as well as concrete jungle. Technology is affecting our near future so it becomes our responsibility to streamline it in the right direction.

STMIK WIDYA UTAMA PURWOKERTO
Baca Selanjutnya »

Profesionalisme


Nama              :  Esti Yuliana
NIM                 :  SIR200938
Tugas             :  Etika Profesi
Dosen             : Sulistiyasni, S. Kom

Profesionalisme

Profesionalisme adalah komitmen para profesional terhadap profesinya. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan kebanggaan dirinya sebagai tenaga profesional, usaha terus-menerus untuk mengembangkan kemampuan profesional.
Tuntutan atas profesionalisme, sebagai suatu faham dan konsep idealisme profesional, sering dijadikan tuntutan terhadap keberadaan pegawai di lingkungan birokrasi pemerintahan. Namun pemahaman akan profesionalisme itu sendiri masih belum jelas dan belum ada standar penilaiannya. Sebutan “Profesionalisme” itu sendiri berasal dari kata “profesi”. Jadi, berbicara tentang profesionalisme tentu mengacu pada pengertian profesi, sebagai suatu bidang pekerjaan.
Dalam hal profesi tiy, Mc Cully (1969) (dalam Rusyan, 1990 : 4) mengatakan sebagai  : Vocation an which professional knowledge of some department a learning science is used in its application to the other or in the practice of an art found it. Dari pengertian itu dapat disarikan bahwa dalam suatu pekerjaan yang bersifat professional dipergunakan teknik serta prosedur yang bertumpu pada landasan intelektual, yang secara sengaja harus dipelajari dan kemudian secara langsung dapat diabadikan bagi kemaslahatan orang lain. Faktor penting dalam hal ini adalah intelektualitas yang di dalamnya tercakup satu atau beberapa keahlian kerja yang dianggap mampu menjamin proses pekerjaan dan hasil kerja yang professional, atau tercapainya nilai-nilai tertentu yang dianggap ideal menurut pihak yang menikmatinya
Teknologi Informasi ( IT ) merupakan teknologi yagn selalu berkembang baik secara revolusioner ( seperti misalnya perkembangan dunia perangkat keras ) maupun yang lebih bersifat evolusioner ( seperti yang terjadi pada perkembangan perangkat lunak ).
Hal itu mengakibatkan bahwa pekerjaan di bidang Teknologi Informasi menjadi suatu pekerjaan di mana pelakunya harus terus mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk mengikuti perkembangan Teknologi Informasi tersebut. Artinya, seseorang yang sudah sampai pada level “ahli” di satu bidang pada saat ini, bisa ketinggalan pada bidang yang sama di masa depan jika tidak mengikuti perkembangan yang ada
Berdasarkan kedua pendapat diatas, terdapat sejumlah faktor dominan dalam mempersoalkan profesionalisme dikalangan pegawai. Pertama, kapasitas intelektual pegawai yang relevan dengan jenis dan sifat pekerjaannya. Kapasitas intelektual ini tentu berhubungan dengan jenis dan tingkat pendidikan yang menjadi karakteristik pengetahuan dan keahlian seseorang dalam bekerja. Kedua, standar kerja yang sekurang-kurangnya mencakup prosedur, tata cara dan hasil akhir pekerjaan. Ketiga, standar moral dan etika dalam melaksanakan pekerjaan tersebut. Hal ketiga inilah yang sulit dirumuskan dan dinyatakan secara utuh, karena proses aktualisasinya tidak hanya ditentukan oleh sifat dan watak seseorang, tetapi ditentukan juga oleh system nilai yang berlaku dalam suatu lingkungan kerja. Sebagai contoh, seseorang yang berwatak jujur dapat berubah menjadi pribadi yang korup, karena system nilai yang berlaku di lingkungan kerjanya memang system nilai yang korup.
Peningkatan Profesionalisme
Syarat profesionalisme yang harus dimiliki pekerja IT :
1) Dasar ilmu yang kuat dalam bidangnya sebagai bagian dari masyarakat teknologi dan masyarakat ilmu pengetahuan abad 21.
2) Penguasaan kiat-kiat profesi yang dilakukan berdasarkan riset dan praktis, bukan hanya merupakan teori atau konsep.
3) Pengembangan kemampuan profesional berkesinambungan.

Penyebab rendahnya profesionalisme pekerja IT :
1) Masih banyak pekerja IT yang tidak menekuni profesinya secara total.
2) Belum adanya konsep yang jelas dan terdefinisi tentang norma dan etika profesi pekerja dibidang IT.
3) Masih belum ada organisasi profesional yang menangani para profesional dibidang IT.
Menjadi Profesional dengan sertifikasi
Alasan pentingnya sertifikasi profesionalisme dibidang IT :
1) Bahwa untuk menuju pada level yang diharapkan, pekerjaan di bidang TI membutuhkan expertise.
2) Bahwa profesi dibidang TI, dapat dikatakan merupakan profesi menjual jasa dan bisnis jasa bersifat kepercayaan.
Manfaat adanya sertifikasi profesionalisme :
1) Ikut berperan dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih profesional
2) Pengakuan resmi pemerintah tentang tingkat keahlian individu terhadap sebuah profesi
3) Pengakuan dari organisasi profesi sejenis, baik tingkat regional maupun internasional
4) Membuka akses lapangan pekerjaan secara nasional, regional maupun internasional
5) Memperoleh peningkatan karier dan pendapatan sesuai perimbangan dengan pedoman skala yang diberlakukan




Baca Selanjutnya »

Selasa, 12 Oktober 2010

Perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input, alat pemroses

Standar Kompetensi : Mempraktikan keterampilan dasar komputer
Kompetensi Dasar : Menidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer
Semester : III
Materi Pembelajaran : Perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input, alat pemroses

Konsep Perangkat Keras


1. Alat input
Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
1. Keyboard
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
1. Mouse
Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan “Mouse” dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse.
Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang tidak penting.
Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal istilah “Drag” yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya, salah satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek lain dan terdapat kemungkinan lainnya. Mouse terhubung dengan komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer.
1. Kamera Digital
Salah satu input device yang sedang marak belakangan ini adalah digital camera. Dengan adanya alat ini, kita dapat lebih mudah memasukan data berupa gambar apa saja, dengan ukuran yang relatif cukup besar, ke dalam komputer kita. Digital camera yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis camera untuk mengambil gambar statis, sampai dengan camera yang dapat merekam gambar dinamis seperti video.


1. Alat Pemroses
1. CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT)
CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia dagang, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan umumnya ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses Intel 80486 DX2-400 (buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400 yang dikenal dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer Pentium I), Intel Pentium II-350, Intel Pentium III-450, Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya. Masing-masing produk ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.


1. Control Unit
Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke memori utama, dan mengambil data dari memori utama untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.

1. Random Access memory
Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram. Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1. Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
2. Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
4. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

Input yang dimasukkan melalui alat input akan ditampung terlebih dahulu di input storage. Bila input tersebut berupa program maka akan dipindahkan ke program storage, dan bila berbentuk data maka akan dipindahkan ke working storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung terlebih dahulu di working storage dan bila akan ditampilkan ke alat output maka hasil tersebut dipindahkan ke output storage.


Thanks ya dah baca...

Baca Selanjutnya »

Minggu, 27 Juni 2010

METODE SIMPLEKS DENGAN VISUAL BASIC

Nama  : Esti Yuliana
NIM    : SIR200938
Dosen : Nahar Mardiyantoro, M. Kom

Hi, selamat pagi… disini pagi yang dingin, pagi ini saya akan memposting bagaimana menyelesaikan suatu program linear menggunakan metode simpleks kemudian dituangkan dalam program Visual Basic. Berikut adalah contoh kasusnya :

Multiband enterprises adalah suatu perusahaan yang memproduksi dua macam produk, yaitu radio portabel (PR) dan radio citizen band (CB). Manajer pemasaran menyatakan bahwa perusahaan selalu dapat menjual semua produk dihasilkan. Selanjutnya sang manajer pemasaran ini bertanya ke manajer operasi tentang besarnya kapasitas produksi/bulan. Manajer operasi menyatakan bahwa kapasitas output tergantung produk mana yang diproduksi. Selanjutnya manajer operasi menyatakan bahwa ada 3 jenis pekerjaan dilakukan dalam pembuatan produk radio tersebut, yaitu subbassembly, assembly dan inspeksi. Kedua produk tersebut membutuhkan waktu pengerjaan yang berbeda untuk setiap jenis pekerjaan tadi. Jadi kapasitas produksinya tergantung pada produk mana yang akan diproduksi.
Waktu yang tersedia untuk pekerjaan subassembly setiap bulannya adalah 326 jam, untuk assembly adalah 354 jam dan inspeksi adalah 62 jam. Sedangkan setiap unit radio CB membutuhkan 0,4 jam untuk pekerjaan subassembly, 0,5 jam untuk assemblya dan 0,05 jam untuk inspeksi. Radio portable untuk setiap unitnya membutuhkan waktu 0,5 jam untuk pekerjaan subassembly, 0,3 jam untuk assembly dan 0,1 jam inspeksi. Wakil direktur menyatakan bahwa untuk setiap CB yang terjual diperoleh keuntungan sebesar $50 dan untuk setiap PR didapat $40. Jadi beberapa kapasitas output dari multiband setiap bulannya (beberapa CB dan PR yang harus diproduksi) agar keuntungan yang diperoleh sebesar mungkin?

Cara penyelesaian :
Langkah pertama

Untuk menyelesaikan contoh kasus diatas, hal pertama yang dilakukan adalah membuat model matematikanya.
0,5 x1 + 2 x2
Sumber daya (z) adalah memaksimalkan jumlah produk
Max z = 50 x1 + 40 x2
Kendala =
0,4 x1 + 0,5 x2
≤326
0,5 x1 + 0,3 x2≤ 354
0,05 x1 + 0,1 x2≤ 62
x1, x2 ≥0

Langkah kedua
Pengubahan bentuk baku
Z = 50 x1 + 40 x2 + 0 S1 + 0 S2 + 0 S3
0,4 x1 + 0,5 x2 + S1 = 326
0,5 x1 + 0,3 x2 + S1= 354
0,05 x1 + 0,1 x2 + S1 = 62



Kolom kerja adalah nilai negative terbesar
Baris pivot adalah perbandingan nilai solusi dengan nilai pada kolom kerja.
Kemudian rubah nilai pada baris pivot dengan cara membaginya dengan 0,5 (nilai pivot/ perpotongan antara x dan S.
Lakukan iterasi sampai baris pertama pada tabel tidak ada nilai negative.

Berikut adalah perhitungannya dengan menggunakan VB.

 
Berikut source coding lengkapnya :

Private Sub Command1_Click()
'txt_cb.text = NK3
'txt_pr.text = NK2

If s2_cb.Caption = "CB" Then
    txt_cb.Text = NK3.Text
End If
   
            If s1_pr.Caption = "PR" Then
              txt_pr.Text = NK2

            End If
           
                If Label19.Caption = "CB" Then
                    txt_cb.Text = NK4
                End If
           
                        If Label19.Caption = "PR" Then
                            txt_pr.Text = NK4
                        End If

End Sub
'
Private Sub DISS_Click()
'kolom pivot
If Int(X1A) < Int(X2A) Then
kk1 = X1A
KK2 = X1B
KK3 = X1C
KK4 = X1D
Label21.Caption = "CB"
VGANTI_BP = "CB"
    Else
        kk1 = X2A
        KK2 = X2B
        KK3 = X2C
        KK4 = X2D
        Label22.Caption = "PR"
        VGANTI_BP = "PR"
    End If
   
     'mencari baris pivot
    If KK2 = 0 Then
            a = 0
            Else
        a = NK2 / KK2
          If KK3 = 0 Then
              b = 0
            Else
                b = NK3 / KK3
            If KK4 = 0 Then
                c = 0
             Else
                c = NK4 / KK4
           
        End If
    End If
    End If
      
        
        'mencari baris baru
    If a < b And b < c And a < c Then
    x = a
    f = KK2
        P = Z2 / f
        Q = X1B / f
        R = X2B / f
        s = S1B / f
        T = S2B / f
        U = S3B / f
        V = NK2 / f
    Z1.Text = Z1 - (kk1 * P)
    X1A.Text = X1A - (kk1 * Q)
    X2A.Text = X2A - (kk1 * R)
    S1A.Text = S1A - (kk1 * s)
    S2A.Text = S2A - (kk1 * T)
    S3A.Text = S3A - (kk1 * U)
    NK1.Text = NK1 - (kk1 * V)
        Z3.Text = Z1 - (KK3 * P)
        X1C.Text = X1C - (KK3 * Q)
        X2C.Text = X2C - (KK3 * R)
        S1C.Text = S1C - (KK3 * s)
        S2C.Text = S2C - (KK3 * T)
        S3C.Text = S3C - (KK3 * U)
        NK3.Text = NK3 - (KK3 * V)
    Z4.Text = Z4 - (KK4 * P)
    X1D.Text = X1D - (KK4 * Q)
    X2D.Text = X2D - (KK4 * R)
    S1D.Text = S1D - (KK4 * s)
    S2D.Text = S2D - (KK4 * T)
    S3D.Text = S3D - (KK4 * U)
    NK4.Text = NK4 - (KK4 * V)
        Z2.Text = P
        X1B.Text = Q
        X2B.Text = R
        S1B.Text = s
        S2B.Text = T
        S3B.Text = U
        NK2.Text = V
  s1_pr.Caption = VGANTI_BP
                                'menampilkan hasil akhir
                                'If s1_pr.Caption = "PR" Then
                                        'txt_pr.text = NK2
                                'End If
   
    
   
                            'If a < b And b < c And a = c Then'
                            'tak mungkin'
                           
                           
                ElseIf a < b And b > c And a > c Then
                x = c
                f = KK4
                  P = Z4 / f
                    Q = X1D / f
                    R = X2D / f
                    s = S1D / f
                    T = S2D / f
                    U = S3D / f
                    V = NK4 / f
                Z1.Text = Z1 - (kk1 * P)
                X1A.Text = X1A - (kk1 * Q)
                X2A.Text = X2A - (kk1 * R)
                S1A.Text = S1A - (kk1 * s)
                S2A.Text = S2A - (kk1 * T)
                S3A.Text = S3A - (kk1 * U)
                NK1.Text = NK1 - (kk1 * V)
                    Z2.Text = Z2 - (KK2 * P)
                    X1B.Text = X1B - (KK2 * Q)
                    X2B.Text = X2B - (KK2 * R)
                    S1B.Text = S1B - (KK2 * s)
                    S2B.Text = S2B - (KK2 * T)
                    S3B.Text = S3B - (KK2 * U)
                    NK2.Text = NK2 - (KK2 * V)
                Z3.Text = Z1 - (KK3 * P)
                X1C.Text = X1C - (KK3 * Q)
                X2C.Text = X2C - (KK3 * R)
                S1C.Text = S1C - (KK3 * s)
                S2C.Text = S2C - (KK3 * T)
                S3C.Text = S3C - (KK3 * U)
                NK3.Text = NK3 - (KK3 * V)
                    Z4.Text = P
                    X1D.Text = Q
                    X2D.Text = R
                    S1D.Text = s
                    S2D.Text = T
                    S3D.Text = U
                    NK4.Text = V
                Label19.Caption = "CB"
    ElseIf a < b And b > c And a < c Then
    x = a
    f = KK2
      P = Z2 / f
        Q = X1B / f
        R = X2B / f
        s = S1B / f
        T = S2B / f
        U = S3B / f
        V = NK2 / f
    Z1.Text = Z1 - (kk1 * P)
    X1A.Text = X1A - (kk1 * Q)
    X2A.Text = X2A - (kk1 * R)
    S1A.Text = S1A - (kk1 * s)
    S2A.Text = S2A - (kk1 * T)
    S3A.Text = S3A - (kk1 * U)
    NK1.Text = NK1 - (kk1 * V)
        Z3.Text = Z1 - (KK3 * P)
        X1C.Text = X1C - (KK3 * Q)
        X2C.Text = X2C - (KK3 * R)
        S1C.Text = S1C - (KK3 * s)
        S2C.Text = S2C - (KK3 * T)
        S3C.Text = S3C - (KK3 * U)
        NK3.Text = NK3 - (KK3 * V)
    Z4.Text = Z4 - (KK4 * P)
    X1D.Text = X1D - (KK4 * Q)
    X2D.Text = X2D - (KK4 * R)
    S1D.Text = S1D - (KK4 * s)
    S2D.Text = S2D - (KK4 * T)
    S3D.Text = S3D - (KK4 * U)
    NK4.Text = NK4 - (KK4 * V)
         Z2.Text = P
        X1B.Text = Q
        X2B.Text = R
        S1B.Text = s
        S2B.Text = T
        S3B.Text = U
        NK2.Text = V
     s1_pr.Caption = VGANTI_BP
    
                           'menampilkan hasil akhir
                                'f s1_pr.Caption = "PR" Then
                                        'txt_pr.text = NK2
                               ' End If
                               
    
                              'ElseIf a < B And B > c And a = c Then'
                            'tak mungkin'
                              'ElseIf a < b And b = c And a > c Then
                              'tak mungkin'
                    ElseIf a < b And b = c And a < c Then
                    x = a
                    f = KK2
                      P = Z2 / f
                        Q = X1B / f
                        R = X2B / f
                        s = S1B / f
                        T = S2B / f
                        U = S3B / f
                        V = NK2 / f
                    Z1.Text = Z1 - (kk1 * P)
                    X1A.Text = X1A - (kk1 * Q)
                    X2A.Text = X2A - (kk1 * R)
                    S1A.Text = S1A - (kk1 * s)
                    S2A.Text = S2A - (kk1 * T)
                    S3A.Text = S3A - (kk1 * U)
                    NK1.Text = NK1 - (kk1 * V)
                        Z3.Text = Z1 - (KK3 * P)
                        X1C.Text = X1C - (KK3 * Q)
                        X2C.Text = X2C - (KK3 * R)
                        S1C.Text = S1C - (KK3 * s)
                        S2C.Text = S2C - (KK3 * T)
                        S3C.Text = S3C - (KK3 * U)
                        NK3.Text = NK3 - (KK3 * V)
                   
                     Z4.Text = Z4 - (KK4 * P)
                    X1D.Text = X1D - (KK4 * Q)
                    X2D.Text = X2D - (KK4 * R)
                    S1D.Text = S1D - (KK4 * s)
                    S2D.Text = S2D - (KK4 * T)
                    S3D.Text = S3D - (KK4 * U)
                    NK4.Text = NK4 - (KK4 * V)
                        Z2.Text = P
                        X1B.Text = Q
                        X2B.Text = R
                        S1B.Text = s
                        S2B.Text = T
                        S3B.Text = U
                        NK2.Text = V
                     s1_pr.Caption = VGANTI_BP
                                'menampilkan hasil akhir
                                 'If s1_pr.Caption = "PR" Then
                                  '      txt_pr.text = NK2
                                 'End If
                               
                               
                            'ElseIf a < b And b = c And a = c Then
                            'tak mungkin'
    ElseIf a > b And b < c And a > c Then
    x = b
    f = KK3
     P = Z3 / f
        Q = X1C / f
        R = X2C / f
        s = S1C / f
        T = S2C / f
        U = S3C / f
        V = NK3 / f
    Z1.Text = Z1 - (kk1 * P)
    X1A.Text = X1A - (kk1 * Q)
    X2A.Text = X2A - (kk1 * R)
    S1A.Text = S1A - (kk1 * s)
    S2A.Text = S2A - (kk1 * T)
    S3A.Text = S3A - (kk1 * U)
    NK1.Text = NK1 - (kk1 * V)
        Z2.Text = Z2 - (KK2 * P)
        X1B.Text = X1B - (KK2 * Q)
        X2B.Text = X2B - (KK2 * R)
        S1B.Text = S1B - (KK2 * s)
        S2B.Text = S2B - (KK2 * T)
        S3B.Text = S3B - (KK2 * U)
        NK2.Text = NK2 - (KK2 * V)
    Z4.Text = Z4 - (KK4 * P)
    X1D.Text = X1D - (KK4 * Q)
    X2D.Text = X2D - (KK4 * R)
    S1D.Text = S1D - (KK4 * s)
    S2D.Text = S2D - (KK4 * T)
    S3D.Text = S3D - (KK4 * U)
    NK4.Text = NK4 - (KK4 * V)
        Z3.Text = P
        X1C.Text = Q
        X2C.Text = R
        S1C.Text = s
        S2C.Text = T
        S3C.Text = U
        NK3.Text = V
     s2_cb.Caption = VGANTI_BP
                        'manampilkan hasil aKhir
                           'If s2_cb.Caption = "CB" Then
                               ' txt_cb.text = NK3
                           'End If
                          
                          
                    ElseIf a > b And b < c And a < c Then
                    x = b
                    f = KK3
                      P = Z3 / f
                        Q = X1C / f
                        R = X2C / f
                        s = S1C / f
                        T = S2C / f
                        U = S3C / f
                        V = NK3 / f
                    Z1.Text = Z1 - (kk1 * P)
                    X1A.Text = X1A - (kk1 * Q)
                    X2A.Text = X2A - (kk1 * R)
                    S1A.Text = S1A - (kk1 * s)
                    S2A.Text = S2A - (kk1 * T)
                    S3A.Text = S3A - (kk1 * U)
                    NK1.Text = NK1 - (kk1 * V)
                        Z2.Text = Z2 - (KK2 * P)
                        X1B.Text = X1B - (KK2 * Q)
                        X2B.Text = X2B - (KK2 * R)
                        S1B.Text = S1B - (KK2 * s)
                        S2B.Text = S2B - (KK2 * T)
                        S3B.Text = S3B - (KK2 * U)
                        NK2.Text = NK2 - (KK2 * V)
                    Z4.Text = Z4 - (KK4 * P)
                    X1D.Text = X1D - (KK4 * Q)
                    X2D.Text = X2D - (KK4 * R)
                    S1D.Text = S1D - (KK4 * s)
                    S2D.Text = S2D - (KK4 * T)
                    S3D.Text = S3D - (KK4 * U)
                    NK4.Text = NK4 - (KK4 * V)
                        Z3.Text = P
                        X1C.Text = Q
                        X2C.Text = R
                        S1C.Text = s
                        S2C.Text = T
                        S3C.Text = U
                        NK3.Text = V
                 s2_cb.Caption = VGANTI_BP
                 'manampilkan hasil aKhir
                            'If s2_cb.Caption = "CB" Then
                            'txt_cb.text = NK3
                           'End If
    ElseIf a > b And b < c And a = c Then
    x = b
    f = KK3
      P = Z3 / f
        Q = X1C / f
        R = X2C / f
        s = S1C / f
        T = S2C / f
        U = S3C / f
        V = NK3 / f
    Z1.Text = Z1 - (kk1 * P)
    X1A.Text = X1A - (kk1 * Q)
    X2A.Text = X2A - (kk1 * R)
    S1A.Text = S1A - (kk1 * s)
    S2A.Text = S2A - (kk1 * T)
    S3A.Text = S3A - (kk1 * U)
    NK1.Text = NK1 - (kk1 * V)
        Z2.Text = Z2 - (KK2 * P)
        X1B.Text = X1B - (KK2 * Q)
        X2B.Text = X2B - (KK2 * R)
        S1B.Text = S1B - (KK2 * s)
        S2B.Text = S2B - (KK2 * T)
        S3B.Text = S3B - (KK2 * U)
        NK2.Text = NK2 - (KK2 * V)
     Z4.Text = Z4 - (KK4 * P)
    X1D.Text = X1D - (KK4 * Q)
    X2D.Text = X2D - (KK4 * R)
    S1D.Text = S1D - (KK4 * s)
    S2D.Text = S2D - (KK4 * T)
    S3D.Text = S3D - (KK4 * U)
    NK4.Text = NK4 - (KK4 * V)
        Z3.Text = P
        X1C.Text = Q
        X2C.Text = R
        S1C.Text = s
        S2C.Text = T
        S3C.Text = U
        NK3.Text = V
      s2_cb.Caption = VGANTI_BP
                 'manampilkan hasil aKhir
                           'If s2_cb.Caption = "CB" Then
                           'txt_cb.text = NK3
                           'End If
       
                    ElseIf a > b And b > c And a > c Then
                    x = c
                    f = KK4
                      P = Z4 / f
                        Q = X1D / f
                        R = X2D / f
                        s = S1D / f
                        T = S2D / f
                        U = S3D / f
                        V = NK4 / f
                    Z1.Text = Z1 - (kk1 * P)
                    X1A.Text = X1A - (kk1 * Q)
                    X2A.Text = X2A - (kk1 * R)
                    S1A.Text = S1A - (kk1 * s)
                    S2A.Text = S2A - (kk1 * T)
                    S3A.Text = S3A - (kk1 * U)
                    NK1.Text = NK1 - (kk1 * V)
                    Z2.Text = Z2 - (KK2 * P)
                        X1B.Text = X1B - (KK2 * Q)
                        X2B.Text = X2B - (KK2 * R)
                        S1B.Text = S1B - (KK2 * s)
                        S2B.Text = S2B - (KK2 * T)
                        S3B.Text = S3B - (KK2 * U)
                        NK2.Text = NK2 - (KK2 * V)
                    Z3.Text = Z1 - (KK3 * P)
                    X1C.Text = X1C - (KK3 * Q)
                    X2C.Text = X2C - (KK3 * R)
                    S1C.Text = S1C - (KK3 * s)
                    S2C.Text = S2C - (KK3 * T)
                    S3C.Text = S3C - (KK3 * U)
                    NK3.Text = NK3 - (KK3 * V)
                        Z4.Text = P
                        X1D.Text = Q
                        X2D.Text = R
                        S1D.Text = s
                        S2D.Text = T
                        S3D.Text = U
                        NK4.Text = V
             Label19.Caption = VGANTI_BP
           
       
        'ElseIf a > b And b > c And a < c Then
        'tak mungkin'
        '/ElseIf a > b And b > c And a = c Then
        'tak mungkin'
        'ElseIf a > b And b = c And a > c Then
        'tak mungkin'
        'ElseIf a > b And b = c And a < c Then
        'tak mungkin'
        'ElseIf a > b And b = c And a = c Then
        'tak mungkin'
        'ElseIf a = b And b < c And a > c Then
        'tak mungkin'
        'ElseIf a = b And b < c And a < c Then
        'tak mungkin'
        'ElseIf a = b And b < c And a = c Then
        'tak mungkin'
    Else
    If a = b And b > c And a > c Then
    x = c
    f = KK4
        P = Z4 / f
        Q = X1D / f
        R = X2D / f
        s = S1D / f
        T = S2D / f
        U = S3D / f
        V = NK4 / f
    Z1.Text = Z1 - (kk1 * P)
    X1A.Text = X1A - (kk1 * Q)
    X2A.Text = X2A - (kk1 * R)
    S1A.Text = S1A - (kk1 * s)
    S2A.Text = S2A - (kk1 * T)
    S3A.Text = S3A - (kk1 * U)
    NK1.Text = NKZ2.Text = Z2 - (KK2 * P)
        X1B.Text = X1B - (KK2 * Q)
        X2B.Text = X2B - (KK2 * R)
        S1B.Text = S1B - (KK2 * s)
        S2B.Text = S2B - (KK2 * T)
        S3B.Text = S3B - (KK2 * U)
        NK2.Text = NK2 - (KK2 * V)
    Z3.Text = Z1 - (KK3 * P)
    X1C.Text = X1C - (KK3 * Q)
    X2C.Text = X2C - (KK3 * R)
    S1C.Text = S1C - (KK3 * s)
    S2C.Text = S2C - (KK3 * T)
    S3C.Text = S3C - (KK3 * U)
    NK3.Text = NK3 - (KK3 * V)
        Z4.Text = P
        X1D.Text = Q
        X2D.Text = R
        S1D.Text = s
        S2D.Text = T
        S3D.Text = U
        NK4.Text = V
      Label19.Caption = VGANTI_BP
   
           
        'ElseIf a = b And b > c And a < c Then
        'tak mungkin '
        'ElseIf a = b And b > c And a = c Then
        'tak mungkin'
        'ElseIf a = b And b = c And a > c Then
        'tak mungkin'
        'ElseIf a = b And b = c And a < c Then
         'tak mungkin'
        'ElseIf a = b And b = c And a = c Then
         'tak mungkin'
        'end blok yang benar
       
   
          End If
                       
                               
             End If
                     
       
   
                   
  
     
End Sub



Private Sub HSL_Click()
On Error GoTo salah

Z1.Text = 1
Z2.Text = 0
Z3.Text = 0
Z4.Text = 0
X1A.Text = (CB * -1)
X1B.Text = CB1
X1C.Text = CB2
X1D.Text = CB3
    X2A.Text = (PR * -1)
    X2B.Text = PR1
    X2C.Text = PR2
    X2D.Text = PR3
S1A.Text = 0
S1B.Text = 1
S1C.Text = 0
S1D.Text = 0
    S2A.Text = 0
    S2B.Text = 0
    S2C.Text = 1
    S2D.Text = 0
S3A.Text = 0
S3B.Text = 0
S3C.Text = 0
S3D.Text = 1
    NK1.Text = 0
    NK2.Text = TOTAL1
    NK3.Text = TOTAL2
    NK4.Text = TOTAL3
Exit Sub
salah:
MsgBox "ISI DULU YANG KOSONG!!!!", vbInformation
CB.SetFocus
   
End Sub


Private Sub KELUAR_Click()
Unload Me
End Sub

Private Sub ULANG_Click()
CB.Text = ""
PR.Text = ""
CB1.Text = ""
CB2.Text = ""
CB3.Text = ""
PR1.Text = ""
PR2.Text = ""
PR3.Text = ""
TOTAL1.Text = ""
TOTAL2.Text = ""
TOTAL3.Text = ""
Z1.Text = ""
Z2.Text = ""
Z3.Text = ""
Z4.Text = ""
X1A.Text = ""
X1B.Text = ""
X1C.Text = ""
X1D.Text = ""
X2A.Text = ""
X2B.Text = ""
X2C.Text = ""
X2D.Text = ""
S1A.Text = ""
S1B.Text = ""
S1C.Text = ""
S1D.Text = ""
S2A.Text = ""
S2B.Text = ""
S2C.Text = ""
S2D.Text = ""
S3A.Text = ""
S3B.Text = ""
S3C.Text = ""
S3D.Text = ""
NK1.Text = ""
NK2.Text = ""
NK3.Text = ""
NK4.Text = ""
txt_cb.Text = ""
txt_pr.Text = ""
CB.SetFocus
End Sub

Hew.. hew.. (^_^) mungkin sekian dulu nanti kita sambung lagi… disini dingin sekali rasanya ingin jadi beruang yang bisa hibernasi selama 6 bulan. Liburan ini mau ngapain ya.. Met liburan ya pak dosen, juga buat anak STMIK WUP 09..

Baca Selanjutnya »