KONSEP PERANGKAT KERAS
A. Pengertian Umum (KOMPUTER)
•
Bhs Latin – Computare
•
Bhs Inggris – to Compute
• Mnt Robert H. Blissmer = Suatu
alat elektronik yang mampu melakukan bebrapa tugas (menerima input, memproses
inputsesuai dengan programnya,menyimpan perintah dan hasil dari pengolahan,
menyediakan output dalam bentuk informasi)
Dari definisi tersebut, dapat disimpulkan
definisi Komputer adalah :
- Alat elektronik
- Dapat menerima Input
- Dapat Mengolah Data
- Dapat memberikan Informasi
- Menggunakan Program yang tersimpan
dalam Memori
- Dapat menyimpan program dan Hasil
pengolahan
- Bekerja secara otomatis
- Program = Kumpulan dari instruksi
atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat
melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.
- Data = Kumpulan
kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (simbol, angka, huruf atau
gabungan dari semuanya)
- Pengolahan Data = manipulasi
dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa
informasi.
- Informasi = hasil dari
kegiatan pengolahan data yang memberi bentuk yang lebih berarti dari suatu
kejadian
b. Siklus Pengolahan Data
•
Proses Pengolahan Data terdiri dari 3
tahapan dasar (Siklus Pengolahan Data / Data Processing Cycle) yaitu Input,
Processing dan Output
a. Penggolongan Komputer
•
Jenis
Penggolongan Berdasarkan Prosesor :
1.
Mainframe = Komputer yang prosesornya berkemampuan besar, memiliki ribuan terminal
(untuk banyak pemakai/multi user dan setiap pemakai dapat menggunakan program
yang berbeda pada saat yang sama/multi tasking)
Saat ini Komputer Mainframe kalah saing dengan komputer PC dengan teknologi
Internet
- Minicomputer
= bentuk mini dari mainframe, hanya memiliki
puluhan/ratusan terminal saja.
Saat ini Komputer
Minicomputer jarang dipakai, karena lebih fleksibel menggunakan komputer PC
dengan Local Area Network (LAN)
3. Personal Computer (PC) / Komputer
Pribadi = Komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu pemakaian
program aplikasi pada suatu saat.
Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk dan
Ukuran Fisik
- Desktop
- Laptop
- Notebook
- Netbook
- Palmtop
Jenis Komputer Berdasarkan Jenis Data
yang diolah
- Komputer Analog digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja
secara kontinu dan parallel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya
komputer yang digunakan dirumah sakit untuk mengukur suhu, kecepatan
suara, voltase listrik dll
- Komputer Digital digunakan untuk mengolah data
kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf & angka, karakter-karakter
khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer PC dll
- Komputer Hybrid,
merupakan kombinasi antara komputer analog dengan digital. Contohnya
Facsimile.
b. Elemen Dasar Komputer
•
Dalam penggunaan komputer ada 3
komponen yang terlibat secara intens, yaitu :
- Hardware
(perangkat keras)
Hardware dalam PC
terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu CPU (Central Processing Unit),
input device, dan output device.
Beberapa komponen
CPU penting, yaitu :
•
Processor
•
Motherboard / Mainboard
•
RAM (Random Access Memory)
•
VGA (Video Graphics Array) Card
•
Hardisk Drive (HDD)
•
Floppy Disk Drive (FDD)
•
CDROM / DVDROM Drive
•
Network Adapter
•
Sound Card dan Speaker
•
Power Supply dan UPS
- Software
(perangkat lunak)
•
Operating system atau biasa disebut dengan sistem operasi komputer adalah
sekumpulan program komputer yang saling terintegrasi, yang mengelola penggunaan
perangkat keras yang ada pada sebuah komputer
•
Program aplikasi atau biasa disebut
dengan aplikasi, merupakan program yang berjalan pada sistem operasi, dan
dibuat untuk membantu user mengerjakan sesuatu untuk meningkatkan
produktivitasnya.
•
Driver hardware atau lebih dikenal
sebagai driver, adalah aplikasi yang dibuat untuk membuat hardware dapat
berkomunikasi dengan sistem operasi. Driver dibuat oleh produsen pembuat
hardware.
- Brainware
(manusia)
Brainware adalah
bagian penting dari sebuah sistem komputasi. Hardware tidak dapat bekerja tanpa
software, sedangkan hardware dan software tidak dapat bekerja tanpa
brainware.
Beberapa
macam brainware sesuai fungsi masing-masing, diantaranya adalah programmer, System Analyst, System Administrator,
Database Administrator, database Engineer, System Integrator, Network Designer, Network Engineer, Software Engineer, Hardware Engineer, System Auditor, dan User
INPUT
DEVICE
•
Input device (alat input) adalah
peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer.
•
Beberapa komponen Input Device
penting, yaitu: Keyboard, mouse, trackball, scanner, digitizer, kamera, mic
Alat Input di bagi 2 jenis yaitu :
- Langsung = Memasukkan Input
secara langsung ke CPU melalui alat
input tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke media simpanan luar, sehingga
memungkinkan interaksi lamgsung antara pemakai dengan sistem komputer. (Keyboard,
Pointing Device, Sensor dan Voice Recognizer)
Keyboard ada 2 jenis, yaitu
1.
keyboard serial (kabelnya kotak)
2.
keyboard PS2 (kabelnya bulat)
Jenis
Keyboard Menurut Bentuk :
•
Standar
•
Laptop
•
Multimedia
•
Virtual keyboard
•
Touchscreens
•
Fleksibel elektronik
•
Laser / Inframerah
Cara kerja
Scanner :
•
Penekanan tombol mouse dari komputer
menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam
scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
•
Kemudian unit scanning menempatkan
proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai
scanning.
•
Nyala lampu yang terlihat pada Scanner
menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
•
Setelah nyala lampu sudah tidak ada,
berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar
monitor.
•
Apabila hasil atau tampilan teks /
gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan
software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lain-
lain. pot scanned.
Bar
code wand
•
Adl Alat pembaca label barang yang
dicetak dalam bentuk kode batang (bar code).
•
Yang sering digunakan kode UPC (Universal
Product Code). UPC menggunakan 10 kode digit yang terdiri 5 digit pertama
identitas perusahaan, 5 digit berikutnya kode barang dan ukurannya.
Sensor
•
Adl alat yang mampu secara langsung
menangkap data kejadian phisik. Data analog dikumpulkan oleh sensor dan
dimasukkan ke pengubah analog-to-digital converter, kemudian diproses
oleh komputer.
- Tidak Langsung = Memasukkan Input
tidak langsung ke CPU, tapi direkam dahulu ke suatu media mechine
readable form (bentuk yang hanya bisa dibaca oleh komputer). Bentuknya
External Memory : Pita magnetik, disk magnetik, Flasdish, dll.
a. Key-to-card
b. Key-to-tape
c. Key-to-disk
OUTPUT
DEVICE
•
Output device (alat output) adalah
peralatan yang berfungsi untuk menghasilkan keluaran, bisa berupa kertas (hard
copy), layar monitor (soft copy) atau keluaran berupa suara.
•
Beberapa komponen Output Device
penting, yaitu : monitor crt, lcd, printer, plotter, speaker.
- Hard
copy device,berupa alat yang digunakan untuk mencetak
tulisan (kata, angka, karakter dan simbol lainnya) serta image
(grafik atau gambar) pada media hard (keras) seperti kertas dan
film.
Beberapa
jenis Hard copy:
a.
Printer
b.
Plotter
c.
Computer Output to Microfilm
- Soft
copy device, device,berupa
alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (kata, angka, karakter dan
simbol lainnya) serta image (grafik atau gambar) pada media Soft
(lunak) yang berupa sinyal elektronik.
Beberapa
jenis Soft copy :
a.
Video
Perkembangan
Monitor
o
CGA (Color Grafhic Adapter);
1981,memiliki 4 variasi warna dengan resolusi 320x200 pixel
o
EGA (Enhanced Graphic Adapter);
1984,memiliki 16 warna dengan resolusi 640x350 pixel
o
VGA (Video Grahic Adapter); 1987,
digunakan pada mesin 386&486
o
SVGA (Super Video Graphic Array);
800x600 pixel,16 juta warna
o
XGA (Extended Graphic Array); 1024x768
pixel, 65.536 warna
o
SXGA (Super Extended Graphic Array);
1280x1024
o
UXGA (Ultra Extended Graphic Array);
1600x1200
Kelebihan Monitor CRT
1.Warna lebih akurat dan tajam .
2.Resolusi monitor fleksibel.
3.Perawatan mudah, jika rusak dapat di servis.
4.Bebas dead pixel, ghosting, dan viewing angle.
5.Harga lebih murah.
Kekurangan Monitor CRT
1.Konsumsi listrik.
2.Bergantung pada refreshrate.
3.Radiasi lebih besar.
4.Rentan distorsi, glare dan flicker.
5.Dimensi besar dan berat.
Monitor LCD (Liquid CrystalDisplay)
komposisi utama pembentuk LCD adalah liquid crystal (LC) ditemukan pada
tahun 1988 oleh ahli tanaman dari Austria bernama Friedrich Reinetzer. Namun,
istilah LC baru diperkenalkan oleh ahli fisika Jerman bernama Otto Lehmann
pada akhir ke-19.LC (liquid crystal) bersumber dari unsur zat padat dan cair
dalam satu massa. Pada umumnya, yang digunakan sekarang berasal dari bahan
polymer yang terdapat pada pasir pantai.
-= Kelebihan Monitor LCD =-
- Konsumsi listrik rendah
- Konsumsi listrik rendah
- Tidak menghasilkan radiasi elektromagnet yang mengganggu kesehatan
- Tidak menimbulkan efek
kedipan (flicker free)
- Area layarnya optimum karena
tidak termakan untuk bezel/frame
- Dimensinya tidak akan menyita
ruangan terlalu besar dan ringan untuk dijinjing
- Bentuknya stylish dan enak
dilihat
- Sinyal gambar digital
-= Kelemahan Monitor LCD =-
- Harganya lebih mahal dibandingkan dengan monitor CRT
- Harganya lebih mahal dibandingkan dengan monitor CRT
- Kualitas gambar yang
dihasilkan belum sebaik monitor CRT
- Resolusi gambar yang
dihasilkan lebih rendah dibandingkan monitor CRT
- Sudut viewable-nya terbatas. Begitu kita mengeset sudut pandang, gambar
terlihat akan berubah di mata kita
Monitor plasma/monitor plasma gas; menggunakan gas untuk untuk mengeluarkan cahaya
b. Speaker
- Drive
device atau drive,
device,berupa alat yang digunakan untuk
merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin (machine-readable
form) pada media seperti disk atau tape magnetik.
Beberapa
jenis Drive device :
a.
Disk Drive
b.
Tape Drive
ALAT
PEMROSES
•
Alat pemroses adalah alat dimana
instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan
lewat input device dan hasilnya dapat ditampilkan di output device.
•
Alat pemroses terdiri dari central
processor (CPU) dan main memory
•
CPU merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program.
•
CPU terdiri 3 bagian utama : unit kendali (control unit); unit
arithmatika dan logika atau ALU (arithmetic and logic unit); register
CPU juga disebut sebagai otak dari komputer.
Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan
berbagai pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data diantaranya: mencatat,
melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengingat, mengurutkan maupun
membandingkan.
Control Unit
•
CU bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada
sistem komputer.
•
CU mengatur kapan alat input menerima data dan kapan diolah serta kapan
ditampilkan pada alat output.
•
CU mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data
dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk
diolah.
•
Untuk perhitungan arithmatika dan perbandingan logika, CU mengirim
instruksi ke ALU. Hasil dari pengolahan dibawa oleh CU
ke main memory untuk disimpan
Tugas Control Unit a.l :
- Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
- Mengambil instruksi-instruksi
dari main memory
- Mengambil data dari main
memory kalau diperlukan oleh proses
- Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan arithmatika dan
perbandingan logika serta mengawasi kerja ALU.
- Menyimpan hasil proses main
memory
ALU (arithmetic and logic unit)
•
ALU bertugas melakukan semua perhitungan arithmatika/matematika yang
terjadi sesuai intsruksi program
•
ALU melakukan operasi arithmatika (penjumlahan, pengurangan, perkalian
pembagian) dengan dasar pertambahan sehingga sirkuit elektronik di ALU yang
digunakan untuk operasi arithmatika disebut adder
•
Tugas lain ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai
dengan instruksi program.
•
Operasi logika meliputi perbandingan 2 buah sistem logika dengan
menggunakan operator logika.
Register
•
Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat
5-10 kali kecepatan perekaman atau pengambilan data di main memory.
•
Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh
CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk
diproses masih disimpan di main memory.
3 Memori dalam sistem komputer :
•
Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang
diproses.
•
Main Memory, digunakan untuk menyimpan instruksi dan
data yang akan diproses dan hasil dari pengolahan.
•
External Memory, digunakan
untuk menyimpan program dan data secara permanen.
Ada banyak register dalam komputer, secara garis besar adalah :
- Register yang
berhubungan dengan instruksi yang sedang diproses adalah : Instruction
Register (IR)dan Program
Counter (PC)
- Instruction Register (IR) / program register = digunakan
untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses
- Program
Counter (PC) / Instruction counter / control counter =
digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari main memory yang
berisi instruksi yang sedang diproses
- Register yang
berhubungan dengan data yang sedang diproses adalah :
general-purpose
register yang berguna menampung data yang sedang diolah (operand register) dan
menampung hasil pengolahan dari ALU (accumulator
- Register yang
digunakan sebagai jembatan antara CPU dengan main memory adalah :
a.
MDR (Memori Data Register)
digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari main
memory ke CPU atau menampung data yang akan direkam ke memori utama dari
hasil pengolahan oleh CPU
b.
MAR (Memori Address Register)
digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada main memory
yang akan diambil atau yang akan diletakkan.
- Register ini dihubungkan
dengan suatu jalur (BUS)
•
Ukuran main memory :
Byte = 8 bit (binary
digit/0,1)
1 Kilobyte (1024 byte)
1 Megabyte (1024 Kb)
1 Gigabyte (1024 Mb)
* Misal : suatu komputer mempunyai kapasitas memori sebesar 256 Kb /
262144 byte, yang berarti mempunyai 262144 lokasi memori. Alamat dari memori
ini adalah 000000 – 262144. Bila nilai data karakter “A” disimpan di alamat
000005 pada memori dan sistem kode yang dipergunakan mewakili karakter adalah
kode ASCII 8-bit, maka isi dari lokasi tersebut adalah 01000001 (bilangan
binari 01000001 dalam sistem kode ASCII 8-bit menunjukkan karakter “A”)
RAM
(Random Access Memory)
•
Semua data dan program yang dimasukkan
melalui alat input akan disimpan dahulu di main memory, khususnya
RAM.
•
RAM dapat diakses secara acak (dapat
diisi/ditulis, diambil atau dihapus isinya) oleh pemrogram.
•
Struktur RAM dapat dibagi jadi 4 :
1. Input Storage, diguakan untuk menampung
input yang dimasukkan melalui alat input
2. Program Storage, digunakan untuk menyimpan
semua instruksi program yang akan diakses
3.
Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
4.
Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan
ditampilkan ke alat output.
•
Ada 2 macam parity
check:
1.
Even parity
check, pengecekan pariti genap.
Even parity check menunjukkan jumlah bit 1 untuk tiap bit dalam 1 byte beserta pariti bit
harus berjumlah genap, kalau ganjil berarti ada kerusakan.
2. Odd pariti check, pengecekan pariti ganjil
Odd parity check menunjukkan jumlah bit 1 untuk tiap bit dalam 1 byte beserta pariti bit
harus berjumlah ganjil, kalau genap berarti ada kerusakan.
•
Misal : 1 byte memory di RAM terdiri
dari 8-bit, sebagai parity bit digunakan sebuah bit tambahan, sehingga
menjadi 9 bit
•
Misal : Karakter “C”
dalam sistem kode ASCII 8 bit berbentuk :
•
Dengan cara even parity check pada
waktu data ini direkam, parity bit diisi bit 1 supaya jumlah bit
bernilai genap.
ROM
(Read Only Memory)
•
ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram tidak dapat mengisi sesuatu ke
dalam ROM,
•
ROM diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari
program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer. Misal : program untuk
mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk
keperluan control tertentu dan bootstrap
program.
•
Bootstrap Program diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan.
•
Proses pengaktifan komputer pertama
kali disebut booting, booting ada 2, yaitu : cold booting dan
warm booting
Cold Booting
•
Merupakan proses pengaktifan sistem komputer pertama kali untuk mengambil
program bootstrap dari keadaan
listrik komputer mati (Off) menjadi hidup (On)
Warm Booting
•
Merupakan proses pengulangan pengambilan program bootstrap pada saat komputer masih hidup dengan cara
menekan tombol Ctrl, Alt dan Del
•
ROM juga bersifat Non Volatile,
supaya isinya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan.
Jenis ROM :
- PROM (Programmable Read Only
Memory), hanya dapat diprogram 1 kali.
- EPROM (Erasable Programmable
Read Only Memory), dapat dihapus dengan sinar ultravoilet serta dapat
diprogram berulang-ulang.
- EEPROM (Electrically Erasable
Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan
dapat diprogram kembali.
Pemrosesan
Instruksi
•
Program adalah
kumpulan instruksi yang dapat dipahami oleh CPU.
•
Program yang akan
diproses dan data yang akan diolah oleh CPU harus diletakkan dahulu dalam main
memory. (Mengetik pada prompt DOS atau mengklik ikon pada windows)
•
Tahap pertama dari
pemrosesan suatu instruksi oleh CPU disebut dengan Instruction Fetch,
yaitu proses CPU mengambil atau membawa instruksi dari main memory ke
CPU.
•
Tahap dua disebut Instruction
Execute, yaitu proses dari CPU untuk mengerjakan instruksi yang sudah
diambil dari main memory dan sudah berada di IR
register
PROCESSOR
Processor/CPU (Central Processing Unit)
merupakan otaknya komputer. Processor dapat dibedakan dari perbedaan jumlah
data bus-nya. Misalkan ada processor 8 bit, itu berarti processor tersebut
memiliki 8 data bus
•
Processor yaitu sebuah Chip yang
merupakan otak pemroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer
dapat bekerja satu dengan lainnya.
•
Ukuran Processor adalah MHz (Mega Hertz) yaitu
hitungan kecepatan dalam mengolah data/informasi
•
Ada beberapa produsen processor untuk PC,
seperti Intel, AMD, IBM, Cyrix, dan Winchip IDT. Kita gunakan standar processor
keluaran Intel Corp ,sbb:
•
Processor 8 bit : 8088 (Generasi XT = Extended Technology)
•
Processor 16 bit : 8086
80186
80286 (Generasi AT=Advanced technology)
•
Processor 32 bit : 386
SX
386
DX
486
SX
486
DX
Pentium
Pentium
Pro
Pentium
II
Pentium
III
Pentium
4
Pilihan processor pada tiap2 generasi :
Perbedaan Processor antar Generasi
- Perbedaan Clock Speed.
- Perbedaan Besar Cache Size.
- Banyaknya Core dalam suatu processor.
- Processor Baru ( Generasi Ke 8 ) lebih sedikit
mengkonsumsi Daya Listrik.
- Perbedaan pada banyaknya Bus system dan Bus
Address.
INTEL
•
Intel mempunyai
jajaran nama-nama prosesor yang terkenal seperti Pentium, Celeron dan Intel
Core dengan socket-socket yang didukungnya masing-masing.
•
Berikut merupakan
socket-socket yang dipakai oleh Intel : Socket 1,
Socket 2, Socket 3, Socket 4, Socket 5, Socket 6, Socket 7, Socket 8, Soket PGA 370, Socket 478, Socket 775
AMD
•
Socket-socket yang
didukung oleh prosesor-prosesor AMD ialah sebagai berikut:
- Socket A
- Socket 754
- Socket 939
- Socket AM2/940
MOTHERBOARD
•
Motherboard adalah tempat (papan elektornik) yang berfungsi sebagai
koneksi antara periperal lainnya
•
Tempat menempatkan procesor, memory,
cache, video card, sound card, LAN card, dll
Bagian Motherboard
1. Socket Processor
Ø
DIP (40 pin) untuk processor 8088/8086,
Ø
soket 3 (168 pin) untuk processor 486,
Ø soket 5 dan 7 (321 pin) untuk
processor Pentium
Ø
socket 8 (371 pin) untuk processor
Pentium Pro,
Ø
slot 1 untuk Pentium II, slot A untuk
AMD K7, dsb.
2. Chipset
•
Chipset berfungsi sebagai interface antara trafik dan kontrol aliran
informasi ke dalam computer
•
Mengontrol informasi pengaksesan ke processor ke memory, cache,
mengalirkan data ke dan dari device lain,
komunikasi dan lain2.
•
Chipset merupakan bagian kritikal dari computer, dengan chipsetlah
perintah yang diberikan oleh device lain dapat dilaksanakan
3.
Slot RAM
•
Terdapat beberapa jenis diantaranya
DIP, 30 pin, 72 pin, dan 168 pin
4.
IDE port , FDD
port
•
Biasa terdapat 2 port IDE (Primary dan
Secondary) serta 1 port FDD
5. Serial Port
dan Paralel Port
•
Biasa terdapat 2 port serial (COM1 dan COM2) serta 1 port paralel (LPT1)
6. PCI (Periperal Component Interconect)
•
64 bit saluran data, transfer 264
Mb/sec
•
Tempat interface (menempatkan) device lain (sound, LAN, VGA, VIDEO)
•
PCI cards mengunakan 47 pins (49 pins untuk mastering card, yang dapat
mengendalikan PCI bus tanpa campur tangan CPU).
•
PCI juga mendukung penggunaan alat yang mengunakan arus listrik 5 volt
ataupun 3,3 volt.
masih kuliah di swu?
BalasHapus