BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
- Tempat Praktik Kerja
Lapangan
Alamat : Jl. Raya Baturraden Km. 14 Karang Mangu
No. Telepon : ( 0281 ) 7621471
Pelaksanaan :
1 Mei 2012 – 1 juli 2012
2. Keadaan Umum Lingkungan Praktik Kerja
Lapangan
SD Negeri Karang Mangu adalah sekolah dasar negeri yang terletak di desa Karang Mangu kecamatan Baturraden kabupaten Banyumas. Sebagai salah satu sekolah dasar standar nasional dengan moto tiada hari tanpa prestasi dan dengan visi ”beriman, terdidik,unggul dalam mutu dan santun dalam perilaku” sekolah dasar ini membuktikan dedikasinya dengan segudang prestasi dari siswa-siswinya.
Dalam PKL
ini penulis mendapati bahwa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah
mata pelajaran yang penting karena merupakan salah satu mata pelajaran yang
diambil nilainya sebagai syarat kelulusan. Oleh karenanya motivasi siswa dalam
belajar IPA harus ditingkatkan agar nilai siswa cukup memuaskan.
Untuk
sekolah dasar Mata pelajaran IPA diajarkan dari kelas 1 sampai kelas 6 SD dan
dalam PKL ini penulis mengambil mata pelajaran IPA untuk kelas 5 SD. Pembelajaran mata pelajaran IPA masih dengan cara biasa yaitu hanya
menggunakan modul bahan ajar saja. Untuk meningkatkan motivasi belajar maka
penulis berkeinginan membuat sebuah Multimedia Pembelajaran agar mampu menarik
minat siswa dalam belajar IPA secara jelas.
Keadaan
umum di SD Negeri Karang Mangu ditinjau dari Sumber Daya Manusia mempunyai Guru
Tetap dan Tidak Tetap serta karyawan sejumlah
17 orang dan jumlah guru IPA kelas 5 yang merangkap
wali kelas 5 sebanyak 2 (dua) orang.
3.
Tujuan dan Manfaat Praktik Kerja Lapangan
a)
Tujuan Praktik Kerja Lapangan
- Melatih kerjasama dengan pihak luar baik individu, organisasi, kelompok maupun instansi dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh di STMIK Widya Utama Purwokerto.
- Memperoleh pengalaman kerja secara nyata serta mampu memecahkan masalah yang di hadapi oleh SD Negeri Karang Mangu.
- Mengetahui keadaan umum SD Negeri Karang Mangu dan mendapatkan
informasi tentang media pembelajaran Mata pelajaran IPA kelas 5 SD.
b)
Manfaat Praktik Kerja Lapangan
Bagi mahasiswa dapat mempelajari lebih jauh dan
menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat dalam bangku kuliah Sekolah Tinggi
Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Widya Utama Purwokerto.
Mempelajari lebih jauh penggunaan design multimedia terutama multimedia
pembelajaran, sebagai sarana belajar siswa dan sarana mengajar bagi guru.
Bagi SD Negeri Karang
Mangu terutama guru pengajar IPA adalah mempermudah cara penyampaian materi
dengan menggunakan multimedia pengenalan yang interaktif dan menarik bagi siswa
jika dibandingkan dengan menggunakan manual
book ataupun modul yang sudah biasa digunakan. Diharapkan Multimedia Pembelajaran
ini nantinya mampu meggantikan posisi manual
book atau modul belajar sebagai sarana mengajar pengajar Mata pelajaran.
B. Kegiatan Praktik Kerja Lapangan
1. Pelaksanaan Persiapan Praktik Kerja
Lapangan, Orientasi Ke Lapangan, dan Konsultasi Ke Pembimbing
Sebelum melaksanakan Praktik Kerja Lapangan
terlebih dahulu dilakukan persiapan yang harus dilakukan oleh penulis, yaitu :
a)
Persiapan Praktik Kerja Lapangan
Aturan
pendaftaran Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang pertama yaitu mahasiswa
berkonsultasi dengan dosen Pembimbing Akademik (PA) mengenai rencana pelaksanaan
Praktik Kerja Lapangan (PKL), setelah konsultasi, mahasiswa mengisi formulir
pendaftaran Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan menyerahkan pada Biro Administrasi Akademik
Kemahasiswaan (BAAK). Kemudian mahasiswa mengambil surat pengantar permohonan Praktik
Kerja Lapangan (PKL) untuk perusahaan atau instansi atau lembaga yang dibuat
atas nama STMIK Widya Utama Purwokerto lalu menerima surat pengantar pengambilan
data untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari STMIK Widya Utama Purwokerto yang
ditandatangani oleh ketua STMIK Widya Utama Purwokerto yang akan diserahkan
kepada instansi atau perusahaan atau lembaga yang akan dijadikan tempat Praktik
Kerja Lapangan (PKL). Mahasiswa memilih dosen Pembimbing I dan Pembimbing II
yang disarankan oleh Progdi.
b)
Orientasi Ke
Lapangan
Orientasi yang dilakukan adalah untuk melihat gambaran sistem secara umum
yang berjalan di SD Negeri Karang Mangu, yaitu melihat
struktur pada SD Negeri Karang Mangu. Struktur
Organisasi baru di SD Negeri Karang Mangu adalah seperti
tertera pada gambar berikut :
Gambar 1. Struktur Organisasi SD Negeri Karang Mangu
Gambar 1. Struktur Organisasi SD Negeri Karang Mangu
c)
Konsultasi Ke Pembimbing
Konsultasi ke pembimbing bertujuan untuk
membahas mengenai solusi dari permasalahan yang ada di tempat Praktik Kerja
Lapangan (PKL) yakni di SD Negeri Karang Mangu. Mulai dari metode kegiatan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) sampai dengan metode penulisan dan pembuatan
laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Konsultasi tersebut membahas mengenai
solusi dari permasalahan yang ada ditempat Praktik Kerja Lapangan (PKL) yaitu SD
Negeri Karang Mangu khususnya mengenai kegiatan belajar mengajar mata pelajaran
IPA kelas 5 dalam aspek tumbuhan hijau.
2. Menyusun
Rencana Kerja, Menetapkan Jenis Kegiatan, dan Jadwal Kerja
a.
Menyusun Rencana Kerja
1)
Analisis
kelemahan system
2)
Identifikasi masalah
3)
Pembuatan Multimedia
Pembelajaran
b.
Menetapkan Jenis Kegiatan
1)
Analisis Dokumen
2)
Analisis Laporan
3)
Analisis Teknologi
4)
Analisis Distribusi Pekerjaan (
waktu yang dibutuhkan )
5)
Analisis Keandalan ( tingkat
kesalahan )
6)
Identifikasi Penyebab Masalah
7)
Identifikasi Alternatif
Pemecahan Masalah
8)
Pembuatan Use case
9)
Pembuatan Multimedia
Pembelajaran
c.
Jadwal Praktik Kerja Lapangan
Tabel 1. Jadwal
Kegiatan.
Tanggal
|
Jenis Kegiatan
|
Keterangan
|
1 Juni 2011
|
-
|
Pengajuan izin PKL
|
3 Juni 2011
|
Wawancara
|
Untuk mendapatkan struktur organisasi dan job description
|
7 Juni 2011
|
Wawancara
|
Mendapatkan materi Microsoft Word Office
|
8 Juni 2011
|
Wawancara
|
Pemahaman
tentang materi
|
10 Juni 2011
|
Observasi
|
Metode pengajaran
|
11 Juni 2011
|
Identifikasi Masalah
|
Masalah yang muncul ketika menggunakan Manual Book
|
14 Juni 2011
|
Identifikasi Masalah
|
Metode pengajaran menggunakan manual
book dengan format file pdf
|
Tabel 2. Jadwal Pembuatan Multimedia
Pembelajaran
Tanggal
|
Jenis File
|
Nama File
|
Keterangan
|
1 April 2012
|
Adobe Flash CS 4
|
Intro.fla
|
Pembuatan halaman pembuka sebelum halaman inti pembelajaran
|
5 April
2012
|
Adobe Flash CS 4
|
HalamanMenu .fla
|
Pembuatan halaman inti berisi materi – materi pembelajaran aspek menu bar.
|
17 April
2012
|
Adobe Flash CS 4
|
HalamanMateri.fla
|
Pembuatan Menu
dan Submenu serta design layer dan background
|
18 April
2012
|
Adobe Flash CS 4
|
HalamanQuiz.fla
|
Mengisi content menu dan submenu dengan materi
yang bersumber dari materi ajar
|
21 April
2012
|
Adobe Flash CS 4
|
HalamanMenu.swf
|
Publishing
|
3. Menetapkan
Metode Praktik Kerja Lapangan
a. Analisis Kelemahan Sistem
1)
Analisis Dokumen
2)
Analisis Teknologi
3)
Analisis Distribusi Pekerjaan (
waktu yang dibutuhkan )
4)
Analisis Keandalan ( tingkat
kesalahan )
b. Identifikasi Masalah
1)
Identifikasi Penyebab Masalah
2)
Identifikasi alternatif
Pemecahan Masalah
c. Pembuatan Multimedia
Pembelajaran
1)
Pembuatan Use Case
2)
Pembuatan User Interface
a)
Pembuatan Halaman Pembuka.
b)
Pembuatan Homepage Multimedia Pembelajaran.
c)
Pembuatan Menu Multimedia Pembelajaran.
d)
Pembuatan Isi Content Menu Multimedia Pembelajaran.
e)
Publishing Multimedia Pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar
Komentarnya ya...