Keinginan adalah kunci motivasi, tapi tekad dan komitmen itu pengejaran tanpa henti untuk sebuah tujuan yaitu komitmen menuju keunggulan yang akan memungkinkan Anda untuk mencapai keberhasilan yang Anda cari.

Translate

Jumat, 09 April 2010

MENCARI HIMPUNAN PERSEKUTAN DENGAN VISUAL BASIC


Nama   : Esti Yuliana
NIM    : SIR200938
Kuliah : Pemrograman Matematika
Dosen  : Nahar Mardiyantoro, S. Kom



Ini adalah postingan lanjutan dari pemrograman matematika sebelumnya, kali ini akan membahas tentang  bagaimana mencari himpunan factor persekutuan dalam kaitannya mencari sebuah FPB (Faktor Persekutuan Terbesar). Sebelum jauh melangkah dalam mencari sebuah FPB yang perlu kita ketahui adalah bagaimana cara menentukan himpunan factor persekutuan dari sebuah bilangan. Pengertian factor persekutuan disini adalah bilangan bulat positif yang dapat membagi habis bilangan itu.
Dalam bentuk matematika : x mod y = 0
Dengan x adalah bilangan utama dan y adalah bilangan pembagi.
Misalnya : faktor pembagi dari angka 10 adalah (cari angka yang dapat membagi angka tersebut) 1, 2, 5, 10
Lihat : faktor pembagi angka 10 = 1, 2, 5, 10 (angka 10 dapat dibagi angka 1, angka 10 dapat dibagi angka 2, angka 10 dapat dibagi angka 5, dan angka 10 dapat dibagi oleh angka 10). Faktor-faktor pembagi tersebut membagi angka 10 sampai habis,
Berikut model matematikanya :
10 mod 1   = 0
10 mod 2   = 0
10 mod 5   = 0
10 mod 10 = 0
Untuk membuat sebuah program, logika tersebut kemudian dituangkan dalam syntax coding. Berikut contoh coding program mencari himpunan factor persekutuan menggunakan visual basic :
Private Sub Command1_Click()
vbil = Val(Text1.Text)
For i = 1 To vbil
If vbil Mod i = 0 Then
Text2.Text = Text2.Text + Str(i)
End If
End Sub

Makna coding :
Vbil adalah variabel yang dimasukkan dalam textbox text 1 (inputan angka).
i disini berisi perintah kerjakan perintah dibawah ini dimulai dari angka satu sampai dengan angka yang diinputkan dalam textboxt 1 (vbil).
If vbil Mod i = 0 Then
Text2.Text = Text2.Text + Str(i)
End If

Jika sisa hasil vbil dan i adalah 0 maka cetaklah semua hasil dalam textbox 2 dalam bentuk string. Kenapa harus bentuk string? Hal ini agar kita mendapatkan deret angka-angka yang berurutan dan angka-angka tersebut tidak didefinisikan sebagai value untuk dihitung semua melainkan untuk ditampilkan berjejer.

Terima kasih atas kesediaan anda untuk melihat postingan saya semoga berguna bagi anda. Thanks for Mr. Nahar for my lecturer ^_^ please correction to make this posting better.


0 komentar:

Posting Komentar

Komentarnya ya...