Keinginan adalah kunci motivasi, tapi tekad dan komitmen itu pengejaran tanpa henti untuk sebuah tujuan yaitu komitmen menuju keunggulan yang akan memungkinkan Anda untuk mencapai keberhasilan yang Anda cari.

Translate

Selasa, 01 November 2011

Menganalisa Cara Pengiriman Data Berdasarkan Topology


BORANG PRAKTIKUM
(Jaringan Komputer / IP & Infrastruktur 1)

Kelompok       : III
NIM                   : DTI200912                        SIR200938
Nama               : Eliya Dewi S.                   Esti Yuliana
Tujuan            : Menganalisa Cara Pengiriman Data Berdasarkan Topology

Rancangan Jaringan dan Hasil Analisis


1.   Peer to Peer


Peer to Peer adalah adalah suatu teknologi sharing (pemakaian bersama) resource dan service antara satu komputer dan komputer yang lain. pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time). Jaringan ini memungkinkan 1 komputer berfungsi sebagai client maupun server sehingga pengiriman antara 1 komputer dengan komputer lainnya bisa berjalan dengan lancar.




2.   Hub


Dengan Hub transfer data dilakukan dengan mengecek semua IP address yang terhubung dalam sebuah jaringan. Kelemahan dari Hub adalah jika ada 2 komputer atau lebih mengirim data ke 1 komputer yang sama maka akan terjadi tabrakan data (crash).




3.   Switch




Dengan Switch transfer data langsung kepada IP yang dituju, walaupun ada 2 komputer yang mengirimkan ke 1 komputer yang sama tidak akan terjadi crash.

4.   Double Switch Beda Network ID

Double switch dengan network id yang berbeda membuat pengiriman data tidak bisa dilakukan

KESIMPULAN :
Peer to peer adalah jenis jaringan yang memungkin sebuah computer bisa bertindak sebagai server atau client. Perbedaan Hub dan Switch terletak dari bagaimana packet data / informasi yang dikirim kepada mereka diproses. Ketika data masuk atau datang ke Hub, Hub akan mengambil data tersebut dan akan mentransmisikannya ke setiap komputer yang terhubung ke Jaringan. Tetapi lain halnya dengan Switch, ia akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimkannya ke komputer yang berkepentingan menerima data tersebut. Pada percobaan ke-4 double switch dengan network id yang berbeda membuat pengiriman data tidak bisa dilakukan, transfer data sukses jika network id sama kalaupun menginginkan network id berbeda harus menggunakan bantuan router



1 komentar:

hoMe mengatakan...

Double Switch Beda Network ID bisa dilakukan dengan vlan.. CMIWW

Posting Komentar

Komentarnya ya...