Keinginan adalah kunci motivasi, tapi tekad dan komitmen itu pengejaran tanpa henti untuk sebuah tujuan yaitu komitmen menuju keunggulan yang akan memungkinkan Anda untuk mencapai keberhasilan yang Anda cari.

Senin, 27 Agustus 2012

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER


SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

A.    Sejarah Perkembangan Komputer
  1. Komputer Sebelum Tahun 1940
Sejarah perkembangan komputer bermula dengan berkembangnya ilmu matematika. Dimulai dengan penggunaan jari-jemari manusia, kemudian tercipta alat Abakus yang dapat melakukan operasi hitung sederhana.

Pada tahun 1617, John Napier telah mengemukakan logaritma dan alat ini dipanggil tulang Napier yang dapat melakukan berbagai macam perhitungan angka-angka. Kemudian Blaise Pascal pula menciptakan mesin hitung mekanikal pertama pada tahun 1642 yang beroperasi dengan cara menggerakkan gear pada roda dan kemudian telah dikembangkan oleh William Leibnitz.

Pada tahun 1816 pula Charles Babbage telah membina the difference engine yang telah dapat menyelesaikan masalah perhitungan matematik seperti logaritma secara mekanikal dengan tepat sampai dengan dua puluh digit.

Mesin ini juga telah menggunakan semacam "card" sebagai input, untuk menyimpan "file-file" data melakukan perhitungan secara otomatis dan seterusnya mengeluarkan output dalam bentuk cetakan pada kertas. "card" tersebut pertama kali telah digunakan sebagai alat input dalam industri tekstil pada mesin tenun otomatis ciptaan Joseph Jecquard pada tahun 1801.

Pada tahun 1887 Herman Hoolerith telah mempopularkan penggunaan "card" sebagai alat input data yang telah banyak digunakan penduduk Amerika.

Howard Aiken memperkenalkan penggunaan mesin elektromekanika yang disebut "Mark 1" pada tahun 1937, elektronik dan mekanikal. Mesin ini dapat menyelesaikan masalah fungsi-fungsi trigonometri di samping perhitungan-perhitungan yang telah dilakukan mesin-mesin sebelum ini.



  1.  Komputer Generasi Pertama 1940 - 1959
- ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)
Komputer ENIAC ini diciptakan oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946
- EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
Penggunaan tiub tiub vakum juga telah dikurangi di dalam EDVAC, di mana proses perhitungan telah menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC
- EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator)
EDSAC telah memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tube untuk menyimpan memori.
- UNIVAC I  (Universal Automatic Calculator)
Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC I , komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perniagaan.

  1.  Komputer Generasi Ke Dua  ( 1959 - 1964 )
Komputer-komputer generasi kedua telah menggunakan transistor dan diode untuk menggantikan saluran-saluran vakum dan menjadikan ukuran komputer lebih kecil dan lebih murah. Cara baru menyimpan memori juga diperkenalkan melalui teknologi magnetik. Keupayaan pemprosesan dan ukuran memori utama komputer juga bertambah dan manjadikan ia lebih efisien.

Kemunculan FORTRAN dan COBOL menandakan permulaan bahasa tingkat tinggi untuk menggantikan bahasa pengantar dalam mesin yang lebih sukar.

Minikomputer juga telah diperkenalkan yaitu yang kedua terbesar di dalam  generasi komputer. Versinya yang pertama ialah DEC PDP 8 yang diciptakan pada tahun 1964 yang berguna untuk memproses  data-data.

  1. D. Komputer Generasi Ke Tiga (1964 - awal 80-an)
Chip mulai menggantikan transistor sebagai bahan logis komputer dengan terhasilnya litar terkamir atau lebih dikenal dengan sebutan chip.

Jenis komputer terkecil mikrokomputer telah muncul dan paling cepat menjadi popular  seperti Apple II, IBM PC dan Sinclair.
Banyak bahasa pemrograman telah muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1. Kebanyakan mikrokomputer didasari dengan tafsiran bahasa secara mendalam, chip ROM untuk  menggunakan bahasa BASIC.

  1.  Komputer Generasi Ke Empat (awal 80-an)
Chip masih digunakan untuk memproses dan menyimpan memori. Ia lebih canggih, dilengkapi hingga ratusan ribu komponen transistor yang disebut pengamiran skala amat besar (very large scale intergartion, VLSI). Pemprosesan dapat dilakukan dengan lebih tepat, sampai jutaan bit per detik. Memori utama komputer menjadi lebih besar sehingga menyebabkan memori sekunder kurang penting. Teknologi chip yang maju ini telah mewujudkan satu lagi kelas komputer yang disebut Supercomputer.

6. Komputer Generasi Ke Lima  (masa depan)
 Generasi kelima dalam sejarah evolusi komputer merupakan komputer impian masa depan. Ia diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pemprosesan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa.
Komputer ini juga mempunyai ingatan yang amat besar sehingga memungkinkan penyelesaian  lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan. Unit pemprosesan pusat juga dapat berfungsi sebagai otak manusia. Komputer ini juga mempunyai kepandaian tersendiri, merespon keadaan sekeliling melalui penglihatan yang bijak dalam mengambil sesuatu keputusan bebas dari pemikiran manusia yang disebut sebagai artificial intelligence.

B.     Contoh Perkembangan Terakhir Komputer Pada Tahun 2011 :
Komputer terbaru 2011 ternyata semakin canggih dan berkualitas, mulai dari bentuk yang lebih fleksibel dan mewah, bahkan bentuk yang unik dan terkecil di dunia. Berikut beberapa contohnya :
  1. PsiXpda (pocket computer)
PsiXpda adalah pocket computer [komputer saku] model terbaru. Dirancang dengan desain yang ramping dan mewah, bentuk fleksibel penuh gayadengan kualitas tinggi dan lebih kuat.
PC ini menawarkan fungsionalitas penting, portabilitas dan ketersediaan yang diperlukan. Model Ultra Mobile Pocket Computer (UMPC) yang sekali buka ke atas.
PsiXpda dibentuk dengan spesifikasi tinggi, merupakan salah satu Pocket Komputer teringan dan terkecil di dunia. PsiXpda mempunyai kinerja tinggi yang luar biasa, desain indah fully loaded dengan Microsoft Windows XP untuk bisnis dan hiburan di perjalanan kamu, berarti kamu tidak perlu meninggalkan bisnis atau kerjaan di kantor kamu, karena Komputer saku ini bisa di bawa di kantong kamu.
2.      WebStation Android tablet 7-inci
“WebStation Android tablet 7-inci Pertama di dunia”
versi 1.5, browser dan software
- Ukuran 200 x 120 x 14.5mm, tablet sekitar 7-inci
- Bobot 390g
- LCD dengan 800 x 480 satu-sentuhan handset Android.
- WWAN built-in koneksi jaringan 802.11b / g WiFi atau koneksi 3G
- Modem USB eksternal.
- Spesifikasi lain Marvell PXA303 processor (624MHz), 128MB RAM,
- built-in 256MB flash memory, microSD slot (sampai 16GB), port USB / USB host, built-in GPS, accelerometer,
- Mikrofon dan speaker. Non-powered kamera.
- US $ 399
3.      Fujitsu LifeBook UH900 multi-touch PC Terkecil di dunia
Overseas Fujitsu LifeBook U / LOOX U serangkaian model-model terbaru, mengeluarkan LifeBook UH900. Windows 7 multi-touch dengan fitur layar sentuh.
Spesifikasi:
- 5.6 inch layar WXGA
- Prosesor Atom Z530
- 62GB SSD
- built-in Bluetooth / WiFi / 3.5G WWAN
- Webcam dan stereo mikrofon. “Long ukuran dompet”
- Ukuran 10.65cm x 20.4cm x 2.38cm
- Bobot 500g.
Bentuk lebih tipis dan ringan dari sebelumnya. UH900 mempunyai beraneka warna Mocha Black, Fiery Red dan Vintage Gold.



4.       Intel Core i7 995X Extreme (Processor Terbaru dari Intel)
Chip terbaru yang dibangun dengan menggunakan arsitektur 32nm Intel Gulftown dan mengemas tidak kurang dari enam core processing yang didukung oleh keberadaan teknologi Hyper-Threading serta memori 12MB cache L3 yang di-share. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, frekuensi pengoperasian processor ini telah ditetapkan sebesar 3,6GHz dan dapat mencapai maksimum 3,86Ghz dengan pengaktifan Turbo Boost yang ada.

  1. PC Mini dari Stealth Terbaru LittlePC PC LPC-670
PC Mini ini didukung oleh teknologi prosesor mobile Intel Core. Spesifikasi ukurannya 6,5 “x 6″, sedangkan casingnya dari bahan alumunium jenis rudge dan untuk prosesor menggunakan Intel  Core i5 520M 2.4Ghz namun ada pilihan upgrade ke Core i5-580 2.67GHz atau Core i7-620M 2.67GHz
PC mini ini juga dilengkapi RAM yang bisa diupgrade sampai 8 GB, untuk grafis menggunakan Intel HD dengan dukungan untuk pemutaran video 1080p, ada juga SuperMulti DVD burner atau optional Blu-ray DVD Combo drive dan hard drive 160GB 2.5-inci. Harga PC mini LPC-670 dari Stealth ini dibandrol mulai dari $ 1650 atau 14 jutaan rupiah.
C.    KESIMPULAN
1.      Perkembangan komputer terbagi menjadi :
a.       Komputer Generasi Pertama 1940 - 1959
b.      Komputer Generasi Ke Dua  ( 1959 - 1964 )
c.       Komputer Generasi Ke Tiga (1964 - awal 80-an)
d.      Komputer Generasi Ke Empat (awal 80-an)
e.       Komputer Generasi Ke Lima  (masa depan)
2.      Perkembangan komputer saat ini (s.d tahun 2011) mengalami perkembangan yang sangat pesat, beberapa contohnya adalah : 
a.       pocket computer
b.      WebStation Android tablet
c.       multi-touch PC
d.      Intel Core i7 995X Extreme
e.       PC Mini
3.         Pada tahun yang akan datang komputer didunia akan berkembang dengan bentuk yang
semakin flexible untuk penggunanya dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang  mengagumkan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentarnya ya...