MAKALAH
TUGAS MATA KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR
BELAKANG MASALAH
Teknologi
Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk
memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai
cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang
relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi,
bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk
pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk
mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan
komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi
digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
Peran
yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan
informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi,
rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi,
perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara
pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa
mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau
faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.Perkembangan Teknologi
Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai
dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan
ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik.
BAB II
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
- Sistem
Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling
berhubungan. Berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk
menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.
Suatu prosedur adalah suatu urutan-urutan operasi kerikal
(tulis-menulis). Biasanya melibatkan beberapa orang di dalam satu atau lebih
departemen yang diterapkan untuk menjamin penanganan yang seragam dari
transaksi-transaksi bisnis yang terjadi.
Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk
mencapai tujuan tertentu.
- Informasi
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih
berguna dan berarti bagi yang menerimanya. Sumber informasi adalah data, data
adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian kesatuan nyata.
- Manajemen
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan
pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya
organisasi seperti yang telah ditetapkan.
Manajmen dapat ditafsirkan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk
menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan oraganisasi dengan
pelaksanaan (planing), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia
(staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading), pengawasan (controlling).
- Sistem Informasi
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang
mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi,
bersifat menajeral dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan
pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
- Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi manajemen yang sering juga disebut MIS/SIM merupakan
penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung semua informasi-informasi
yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen.
BAB III
PENGOLAHAN DATA
1. Data
Data adalah berarti fakta-fakta atau bagian dari fakta yang dihubungkan
dengan kenyataan, simbol-simbol yang menunjukan suatu ide, obyek, kondisi atau
situasi, jelasnya data dapat berupa apa saja dan dapat ditemui dimana saja.
Data dapat digunakan sebagai bahan dasar yang obyektif (relatif) dalam proses
penyusunan kebijaksanaan dan pengambilan keputusan oleh seorang pimpinan.
2. Pengolahan
Data
Pengolahan data mengandung arti segala macam pengolahan terhadap data
atau kombinasi dari bermacam-macam pengolahan terhadap data untuk membuat data
itu berguna, sesuai dengan hasil yang diinginkan sehingga dapat segera dipakai.
3. Sistem
Pengolahan Data
Menurut J. Longkutay, 1990, sistem pengolahan data merupakan suatu
kesatuan pengolahan data yang saling berhubungan dan bekerja sama yang terdiri
antara lain peralatan, tenaga pelaksana, prosedur, dan data. Sehingga
pengolahan tersebut membentuk suatu sistem pengolahan data.
BAB IV
FUNGSI
MANAJEMEN
Manajemen
itu sendiri ada 5 fungsi , yaitu sbb :
1. Perencanaan
(Planning)
Perencanaan
merupakan usaha konkrit langkah-langkah yang harus ditempuh yang dasarnya telah
diletakan dalam strategi organisasi.
Rencana harus disertai oleh suatu rincian yang
cermat, artinya rencana tidak hanya mengandung jawaban terhadap pertanyaan apa,
dimana, bilaman, bagaimana, siapa dan mengapa, akan tetapi juga penjabarannya.
Contoh : peletakan tata ruang, metode kerja, sumber
dana dan alokasinya, target waktu, target hasil, standar mutu yang harus
dipenuhi,dan kriterian pengukuran hasil dari prestasi kerja.
2. Pengorganisasian
(Organizing)
Adalah keseluruhan proses pengelompokan orang-orang,
alat-alat, tugas-tugas serta wewenang dan tanggungjawab sedemikian rupa
sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakan sebagai suatu kesatuan
utuh dan bulat dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
3. Penyusunan
staf (Staffing)
Adalah menentukan keperluan-keperluan sumber daya
manusia, pengarahan, penyaringan, latihan dan pengembangan tenaga kerja.
4. Pengarahan
(Directing)
Adalah mengarahkan atau menyalurkan perilaku manusia
kea rah tujuan-tujuan tertentu.
5. Pengendalian
(Controlling)
Adalah mengukur pelaksanaan dengan tujuan-tujuan,
menentukan sebab-sebab, penyimpangan-penyimpangan dan mengambil
tindakan-tindakan korektif dimana perlu.
BAB V
TINGKATAN MENAJEMEN
Tingkatan-tingkatan
manajemen, yaitu sbb :
- Manajemen Tingkat Atas (Top Level Management)
Top level manajemen dengan executive management dapat tediri dari:
Direktur utama (President), direktur (vice president) dan eksekutif
lainnya di fungsi-fungsi pemasaran, pembelian, teknik, produksi, keuangan &
akuntansi.
Kegiatan manajemen pada level ini adalah perencanaan strategi yang
meliputi : proses evaluasi lingkungan luar organisasi ( pengaruh dari
lingkungan luar dapat berupa kesempatan pasar, teknologi, tekanan-tekanan
politik, social), persaingan inflasi, produk baru, pasar baru.
- Manajemen Tingkat Menengah(Middle Level
Management)
Middle Level Management dapat terdiri dari manajer-manajer divisi dan manajer-manajer cabang. Middle Level
Management juga sering disebut dengan tactical level.
Kegiatan manajemen pada level ini adalah pengendalian
manajemen
Yaitu proses untuk meyakinkan bahwa organisasi telah menjalankan
strategi yang telah diterapakan dengan efektif dan efisien. Merupakan tingkatan
taktik yaitu bagaimana manjemen tingkat menengah menjalankan taktik supaya
perencanaan strategi dapat dilakukan dengan berhasil. Taktik yang dijalankan
bersifat jangka pendek kurang /=1 tahun.
- Manajemen Tingkat Bawah (Lower Level Management)
Lower Level Management disebut juga dengan operating management dapat
meliputi : mandor, pengawas, LLM ( technical level ).
Kegiatan manejemen pada level ini adalah pengendalian operasi yaitu
proses untuk meyakinkan bahwa tiap-tiap tugas tertentu telah dilaksanakan
secara efektif dan efisien. Pengendalian operasi merupakan proses penerapan
program yang telah ditetapkan di pengendalian manajemen. Pengendalian operasi
dilakukan dibawah pedoman proses pengendalian manajemen dan difokuskan pada
tugas-tugas tingkat bawah.
BABVI
OFFICE AUTOMATION
Automatisasi Perkantoran
merupakan kaitan berbagai komponen dalam menangani informasi; mulai dari input
hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan
campur tangan manusia secara minimal. Dengan demikian akan membuat informasi
menjadi lebih mudah dan murah digunakan, dipindahkan, dan dirawat. Pada
akhirnya dapat meletakkan landasan yang kuat untuk integrasi informasi sehingga
perusahaan mampu berkompetisi lebih baik (competitive advantage).
•
Otomatisasi dimulai di pabrik
–
Numerical control (NC)
–
Direct numerical control (DNC)
–
CAD/CAM
–
Robotics
•
Otomatisasi kantor (Office automation= OA) dimulai
oleh IBM di tahun 1960-an
–
Word processing
–
Magnetic Tape/Selectric Typewriter
•
Sistem otomatisasi kantor dicirikan oleh komunikasi
a) Keuntungan
OA
1. Mengurangi
biaya fasilitas
2. Mengurangi
biaya peralatan
3. Jaringan
komunikasi formal
4. Mengurangi
work stoppages
5. Kontribusi
sosial
-
Mereka yang tidak dapat meninggalkan rumah dapat
tetap bekerja dengan cara baru.
b) Kekurangan
OA
1. Mengurangi
biaya fasilitas
2. Mengurangi
biaya peralatan
3. Jaringan
komunikasi formal
4. Mengurangi
work stoppages
5. Kontribusi
sosial
- Mereka
yang tidak dapat meninggalkan rumah dapat tetap bekerja dengan cara baru.
c) Contoh
Aplikasi OA
1. Word
processing
2. Electronic
and voice mail
3. Computer
calendaring
4. Audio
conferencing
5. Video
conferencing
6. Computer
conferencing
7. FAX
8. Videotex
9. Imaging
10. Desktop
publishing
BAB VII
PENUTUP
KESIMPULAN
- SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem informasi manajemen yang sering juga disebut MIS/SIM merupakan
penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung semua
informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen.
- DATA
Data adalah berarti fakta-fakta atau bagian dari fakta yang dihubungkan
dengan kenyataan, simbol-simbol yang menunjukan suatu ide, obyek, kondisi atau
situasi, jelasnya data dapat berupa apa saja dan dapat ditemui dimana saja.
- Fungsi Manajemen
a) Perencanaan
(Planning)
b) Pengorganisasian
(Organizing)
c) Penyusunan
staf (Staffing)
d) Pengarahan
(Directing)
e) Pengendalian
(Controlling)
- Tingkatan Menajemen
a) Manajemen
Tingkat Atas (Top Level Management)
b) Manajemen
Tingkat Menengah(Middle Level Management)
c) Manajemen
Tingkat Bawah (Lower Level Management)
- OA
Automatisasi Perkantoran merupakan kaitan berbagai komponen dalam
menangani informasi; mulai dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan
bantuan teknologi secara optimal dan campur tangan manusia secara minimal.
Dengan demikian akan membuat informasi menjadi lebih mudah dan murah digunakan,
dipindahkan, dan dirawat. Pada akhirnya dapat meletakkan landasan yang kuat
untuk integrasi informasi sehingga perusahaan mampu berkompetisi lebih baik (competitive
advantage).
0 komentar:
Posting Komentar
Komentarnya ya...