Keinginan adalah kunci motivasi, tapi tekad dan komitmen itu pengejaran tanpa henti untuk sebuah tujuan yaitu komitmen menuju keunggulan yang akan memungkinkan Anda untuk mencapai keberhasilan yang Anda cari.

Senin, 27 Agustus 2012

TEKNIK-TEKNIK PENGOLAHAN DATA



1.      Batch Processing System
Adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch.
Contoh : e-mail dan transaksi batch processing.
2.      Database system
Kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Contoh : Program pada mesin kasir/ Infentori data mini market
3.      Data communication systems
Transmisi informasi yang dihasilkan dengan computer.
Contoh: Jaringan akses terminal/ melakukan komunikasi dengan operator lain.
4.      Offline communication systems
Offline communication system adalah suatu sistem pengiriman data melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolahan data, tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses oleh CPU (Central Processing Unit).
Contoh : pengolahan informasi dari audience televise/radio.
5.      Online Communication System
Berbeda dengan sistem komunikasi offline, pada sistem ini data yang dikirim melalui terminal dapat langsung diolah oleh pusat komputer, dalam hal ini CPU. Data yang dikirimkan akan langsung diterima oleh komputer pusat untuk diolah. On Line Communication System dapat berbentuk remote job entry (RJE) system, realtime system,time sharing atau distributed data processing system.
Contoh: transaksi online. 
6.      Online Realtime communication system
Realtime System ; sesuatu yang memungkinkan untuk mengirimkan data ke pusat komputer, diolah di pusat komputer seketika pada saat data diterima dan mengirimkan kembali hasil pengolahan ke pengirim data saat itu juga.
Contoh : ATM       
7.      Time Sharing System
Adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai. Disebabkan waktu perkembangan proses CPU semakin cepat, sedangkan alat Input/Output tidak dapat mengimbangi kecepatan dari CPU, maka kecepatan dari CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani beberapa alat I/O secara bergantian. Christopher Strachy pada tahun 1959 telah memberikan ide mengenai pembagian waktu yang dilakukan oleh CPU. Baru pada tahun 1961, pertama kali sistem yang benar-benar berbentuk time sharing system dilakukan di MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan diberi nama CTSS (Compatible Time Sharing System) yang bisa melayani sebanyak 8 pemakai dengan menggunakan komputer IBM 7090.
Contoh : Jaringan Komputer/ Networkgroup

1 komentar:

hermien rahmawati mengatakan...

kok ada 7? bukan ya cuman ada 4?

Posting Komentar

Komentarnya ya...